Mengapa Blog Saya Tidak Mendapat Rangking di Google?


Judul diatas merupakan sebuah pertanyaan yang hingga saat saya membuat posting ini belum terjawab. Sekedar meluangkan waktu untuk menuliskan uneg-uneg saya tentang peran google terhadap blog saya ini, maka muncullah ide untuk membuat judul itu.Saya bukan webmaster, juga bukan pakar SEO, maka dari itu hingga sekarang pun saya masih belum paham betul mengapa dulu blog saya pernah medapat rangking 2 oleh google, kemudian tidak berapa lama malah tidak terindex sama sekali.
Setelah vakum dari aktifitas blogging selama beberapa bulan, kok tiba-tiba google mengembalikan peringkat saya tadi di blog ini?hmmm...mengapa bisa begitu? Sekedar berbagi pengalaman dengan blogger yang lain mungkin sedikit akan saya ceritakan awal aktivitas saya hingga sekarang. Dulu, setelah ide membuat nama blog ini, saya mulai mencari cara agar blog saya ini bisa terindex di mesin pencari google. Kemudian saya mendapat link untuk menambahkan blog saya ini di mesin google dengan memasukkan nama dan sedikit deskripsi blog saya di http://google.com/addurl. Waktu itu kalau tidak salah dilarang memasukkan situs kita di google beberapa kali dalam kurun waktu yang singkat karena malah akan membuat situs kita susah terindex di mesin pencari google. Dan benar saja, ketika saya ikuti langkahnya, mulai deh blog saya muncul saat saya googling.Wiww..seneng banget rasanya. Saking semangatnya, setiap kali saya hendak membuka blog, sengaja saya buka lewat google, baru kemudian menuju blog saya lewat hasil pencarian dari google tersebut. Begitu dan berulang-ulang. Disamping itu, saya juga mulai rajin blogwalking, jalan-jalan dan menyapa blogger lain lewat komentar atau hanya sekedar di chat box, berharap kunjungan balik dari blogger lain. Makin lama, lumayan juga trafik blog saya. Dan pada akhirnya saya dikejutkan dengan munculnya Pange Rank 1 yang diberikan google kepada blog saya.
Hal itu membuat saya semakin bersemangat untuk menaikkan trafik blog saya di google. Semua media saya gunakan, termasuk webmaster yang diberikan google untuk mengelola blog/situs pun sudah merupakan pekerjaan wajib bagi saya.
Tapi...Entah apa yang terjadi, belum sempat lama saya menikmatari peringkat itu, tiba-tiba blog saya menghilang dari google. Bahkan saya ketikkan nama blog saya di mesin pencari google,tidak satupun link yang mengarah ke blog saya, dan page rank blog kembali menjadi 0. Ohh...
Bersamaan dengan itu, aktifitas blogging sayapun sudah meulai kendur karena bermacam alasan. Akhirnya, saya biarkan begitu saja blog ini tanpa perhatian. Lama tidak menulis, beberapa bulan kemudian rindu juga dengan blog, dan mulai menulis lagi. Baru 2 bulan berjalan ini, perlahan saya mulai perbaiki celah-celah yang mungkin bisa berpengaruh kepada "nama baik" blog saya di mata google.
Dan benar saja, tidak lama kemudian, suatu hari kabar gembira itupun datang. Google telah mengembalikan rangking 2 yang dulu pernah diberikan, diambil lagi. Hehehe...Akhirnya, mulai merasa tenang lagi dalam beraktifitas nih. Walaupun dari awal tulisan ini saya katakan tadi saya masih belum mengerti mengapa kejadian demi kejadian dari blog saya ini, namun mungkin bisa menjadikan semangat untuk para blogger yang mungkin baru memulai berselancar dalam dunia blogging. Sekeadr sharing, dan semoga blog sederhana saya ini menjadikan manfaat bagi perkembangan dunia blogging. Terima kasih..

Posting Komentar untuk "Mengapa Blog Saya Tidak Mendapat Rangking di Google?"